Kamis, 21 Februari 2013

Sejarah Motor Honda

Sejarah Motor Honda - Honda didirikan pada akhir 1940-an ketika Jepang berjuang untuk membangun kembali setelah Perang Dunia kedua. Perusahaan Soichiro Honda pendiri pertama mulai membuat ring piston sebelum mengalihkan perhatian untuk sepeda motor murah. Mr Honda selalu memiliki gairah pada teknik, dan ini menjadi terbukti dengan keberhasilan dalam penjualan sepeda motor di 1960-an. Hari ini, Honda adalah raksasa otomotif, menawarkan kelas-terkemuka di setiap kategori mesin .

1906 Soichiro Honda lahir di Hamamatsu, Jepang. Ayahnya memiliki sebuah toko pandai besi yang juga perbaikan sepeda. Sebagai seorang pemuda, Honda magang di sebuah garasi otomotif di Tokyo.

1928 Honda kembali ke Hamamatsu untuk membuka mobil bengkel sendiri. Terpikat dengan kecepatan, ia membangun mobil balap sendiri.

1936 Honda terluka dalam sebuah kecelakaan balap mobil.

1937 Dia membentuk perusahaan untuk memproduksi ring piston. Dia adalah pemasok utama bagi Toyota, yang mulai manufaktur mobil pada waktu yang sama.

1946 Soichiro Honda menjual ring piston bisnisnya. Jepang sedang berjuang untuk mendapatkan kembali untuk keadaaan yang normal, setelah dibom rata pada akhir Perang Dunia II. Honda menyadari kebutuhan transportasi yang terjangkau dan mulai perang-kelebihan mencangkok dua-stroke motor ke sepeda. ( motor semula dimaksudkan untuk digunakan pada generator portabel untuk radio militer.)

1948 Honda Motor Co Ltd didirikan. Soichiro Honda berfokus pada sisi rekayasa bisnis, sementara operasi keuangan dikendalikan oleh Takeo Fujisawa.

1949 Perusahaan memproduksi sepeda motor pertama yang sesungguhnya, didukung oleh sebuah motor 98cc dua-stroke. Ketika seorang karyawan melihat yang pertama dirakit dan itu ditunggangi di luar pabrik, katanya, "Ini seperti mimpi." Nama "Dream" diadopsi untuk sepeda, secara resmi dikenal sebagai Model D.

1951 Tn Honda benci dengan bau, kebisingan dan asap dari dua-stroke motor (termasuk dirinya sendiri) yang menyesaki jalan-jalan kota Jepang. Sebagai tanggapan, perusahaan menciptakan mesin pertama empat-stroke motor, E Dream (146cc).

1952 Terlepas dari kenyataan bahwa ia membenci seperti "primitif" powerplants, Honda menggoda dengan pengertian aslinya motor tambahan untuk sepeda. Cub F (dua-stroke, 50cc) klip-on motor dijual melalui ribuan toko sepeda independen di seluruh Jepang. Hal ini hanya diproduksi selama dua tahun, tetapi memperkenalkan "Cub" merek dagang, yang akan populer selama puluhan tahun.

1953 J Benly (4-stroke, 90cc) dilepaskan. Setidaknya beberapa yang dijual dengan "Benly" tangki-lencana, dan membawa nama Honda pada mesin saja. Seri Benly juga berlangsung lama, dan mengantarkan ke dalam era peningkatan kinerja. Mereka langsung populer dengan pembalap amatir Jepang.

1954 Soichiro Honda berbagi mimpinya sendiri, keberhasilan dalam balap sepeda motor Grand Prix. Dia menulis, "mimpi masa kecil saya adalah untuk menjadi juara balap motor dengan mesin yang dibangun sendiri. Namun, sebelum menjadi juara dunia, sangat diperlukan untuk membentuk struktur perusahaan yang stabil, dilengkapi dengan fasilitas produksi yang tepat dan desain produk yang unggul. Dari sudut pandang ini kita telah berkonsentrasi pada penyediaan produk berkualitas tinggi untuk memenuhi permintaan konsumen domestik Jepang dan kami tidak punya cukup waktu untuk mencurahkan upaya kami dalam balap sepeda motor sampai sekarang ... aku di sini avow niat saya bahwa saya akan berpartisipasi dalam TT ras dan saya menyatakan dengan sesama karyawan saya bahwa saya akan mencurahkan semua energi dan kekuatan kreatif menjadi pemenang. "
Mr Honda menghadiri Isle of Man ras sebagai seorang pengamat tahun itu, memberikan perhatian khusus kepada buatan Jerman NSU sepeda motor yang mendominasi kelas 125 dan 250. Meskipun secara luas diyakini Honda "disalin" mesin ini, itu tidak benar; pembalap NSU itu single dengan bevel-drive Cams-tidak seperti pembalap Honda awal.


1957 Para produsen terkemuka Italia, termasuk MV Agusta, Gilera, dan Mondial mengumumkan bahwa mereka akan menarik diri dari Kejuaraan Dunia balap, mengutip biaya meningkat. MV Agusta akan mengingkari perjanjian ini dan melanjutkan balapan. Honda membeli salah satu sepeda ras Mondial terakhir. Perusahaan Jepang tidak menyalin sepeda Italia, tetapi tidak menggunakannya sebagai sumber inspirasi dan contoh dari standar yang mereka butuhkan untuk mencapai.

1958 The Super Cub (alias C100, alias CA100, alias hanya "Honda 50") hits di pasar. Ini fitur bingkai ditekan-baja, terkemuka-link garpu, langkah-melalui desain dan motor empat-stroke 50cc. Ini ditakdirkan untuk dijual dengan berbagai nama, dan kemudian akan tumbuh menjadi 70cc, dan akhirnya 90cc. Ini akan menjadi yang paling populer, sepeda motor memang yang paling populer kendaraan bermotor jenis apapun.

1959 Honda memasuki Isle terkenal ras Man TT untuk pertama kalinya. Perusahaan bidang lima mesin di kelas 125cc "Ultra-ringan". Motor-motor 125cc kembar, dari jenis berpacu tahun sebelumnya dalam kompetisi nasional Jepang. Naomi Tanaguchi mencapai tim adalah hasil TT terbaik, finishing keenam. Honda memenangkan trofi produsen di kelas.

Honda membuka American Honda Motor Co di Los Angeles.


1961 Honda mendominasi kedua kelas 125cc dan 250cc di TT. Mike Hailwood memenangkan kedua ras, dengan Honda menyelesaikan 1 melalui posisi 5 dalam setiap kasus. Isle of Man koran Pemeriksa sederhana mengatakan, "Itu kemenangan yang menghancurkan untuk Timur."

1963 Tahun ini, Honda berfokus pada balap mobil F-1, dan program balap sepeda motor menderita. Penjualan sepeda jalanan tetap kuat, namun: Super Cub diberikan Piala mode Perancis; Honda membuka pabrik pertama di luar negeri di Belgia; Grey Advertising memperkenalkan terkenal "Anda bertemu orang-orang paling baik pada Honda" kampanye. Awal tahun berikutnya, Honda membeli waktu komersial di Academy Awards untuk iklan "orang paling baik" televisi yang menampilkan Super Cub.

1964 Dua-stroke motor mulai mendominasi lebih kecil-perpindahan kelas balap. Agar tetap kompetitif di kelas 250cc, sementara masih mengandalkan empat-stroke motor, Honda menghasilkan enam silinder 250, 3RC164 tersebut. Ini keajaiban rekayasa dazzles dunia balap, tapi tidak cukup untuk mencegah Phil Baca dari memenangkan kejuaraan di stroker nya Yamaha. Dalam '66 dan '67, bagaimanapun, Mike Hailwood akan menggunakan enam untuk memenangkan Kejuaraan Dunia 250cc.

1968 19 tahun setelah pertama perusahaan roda dua berguling keluar dari pabrik, Honda memproduksi sepeda motor 10 juta nya.

1969 Honda meluncurkan CB750 di Tokyo Motor Show pada '68-an, tetapi tidak memukul pasar sampai awal '69. Tidak mungkin untuk melebih-lebihkan dampak sepeda ini dibuat, sebagai modern pertama pasar massal empat, dan sepeda pasar massal pertama yang datang dengan disc brake. Hingga memasuki 1970, CB750s dibuat dengan pasir-cast, tidak mati-cast kasus mesin. Sebenarnya, die-cast kasus yang ringan, kuat, dan lebih minyak ketat. Tapi itu pasir-cast model yang dihargai oleh kolektor.

1970 Honda masuk empat pengendara di Daytona 200, tetapi hanya satu-Dick Mann-jadi. Tiga DNFs-benar dibayangi oleh kemenangan Mann. Itu adalah kemenangan besar bagi Honda di Amerika. Tahun itu, grid 200 juga termasuk semua-baru tiga kali lipat dari BSA dan Triumph, dan XR750 pertama Harley-Davidson. Meskipun sepeda pabrik sering disebut sebagai CR750 model, CR750 tidak pernah dijual sebagai motor lengkap, melainkan hanya bagian-bagian kit untuk dirakit pada donor CB750 sepeda. Para pembalap pabrik dibangun oleh Jasa Honda Racing Center (pendahulu hari ini HRC) dan secara resmi ditunjuk "CB750 Racing Type."

1972 Honda akhirnya mengakui bahwa untuk membangun motocrosser 250cc kompetitif, perusahaan harus membuat motor lain dua-stroke. CR250 "Elsinore" mencapai Amerika Serikat pada awal '73. Ini adalah segera sepeda produksi balapan paling efektif di kelasnya, dan Gary Jones memenangkan kejuaraan AMA motorcross di atasnya dalam tahun pertama.

1973 Soichiro Honda pensiun sebagai Presiden perusahaan. Dia tetap di Dewan Direksi, yang memberinya gelar kehormatan 'Agung Advisor' pada tahun 1983.

1974 Wing Emas pertama, GL1000 itu, diperkenalkan di Cologne. Mencapai pasar AS pada awal '75. Wing 'adalah produksi Jepang pertama empat-stroke untuk air-cooled. Ia juga memiliki poros drive dan merupakan salah satu sepeda produksi pertama yang dilengkapi dengan pompa bahan bakar. Pompa diperlukan karena "tangki" di posisi normal sebenarnya merupakan teluk elektronika dan menyembunyikan radiator meluap, sementara tangki bensin yang nyata adalah di bawah kursi, untuk membantu menjaga pusat gravitasi rendah.

1978 Dalam upaya untuk membangun sebuah sepeda motor empat-stroke kompetitif untuk Kejuaraan Dunia 500gP, Honda menghasilkan NR500 piston oval. Itu efektif sebuah "empat-silinder V-8, dengan 8 menghubungkan batang dan 32 katup. Ini adalah teknologi tour-de-force, tapi tantangan manufaktur mencegah dari balap sampai akhir musim '79. Honda terus berlanjut dengan mesin melalui musim '81, tapi bahkan Freddie Spencer tidak bisa mengelola untuk menang di atasnya.

1981 Honda Emas produksi bergerak Wing dari Jepang ke pabrik baru di Ohio.

1983 Freddie Spencer memenangkan Kejuaraan Dunia 500cc. Untuk pertama kalinya, Honda memenangkan "hadiah pertama" kejuaraan. (Perusahaan pertama memenangkan Kejuaraan Produsen di kelas 500cc pada tahun 1966.)

1986 Setelah awal yang goyah, V-empat "VF" sepeda jalan seri ditebus dengan "Interceptor" VFR750F didesain ulang. Gigi-drive overhead Cams Its sekali dan untuk semua menghalau hard cam dan masalah pakai, dan model umumnya diakui sebagai yang "terbaik-semua 'putaran jalan sepeda" untuk sebagian besar sepuluh tahun ke depan.

1987 Para CBR600F "Badai" adalah pertama Honda sepenuhnya-faired, empat silinder jalan sepeda.

1990 Para VFR750R (alias RC30) akhirnya tiba di AS, tiga tahun setelah pertama kali dijual di Jepang. Ini adalah homologasi benar istimewa, dan ras asli sepeda untuk jalan, dijual dua kali harga sebuah saham Interceptor.

1991 Perusahaan berduka atas kematian Soichiro Honda.

1992 200 unit NR legendaris (alias NR 750) yang dihasilkan. Ini adalah versi jalan-hukum dari Grand naas NR500 Prix pembalap, yang menjual untuk $ 60.000 menakjubkan. Ini sarat dengan depan-of-waktu fitur termasuk serat karbon bodywork, digital dash, underseat knalpot, sebuah Suspensi satu-sisi, dan injeksi bahan bakar. Meskipun penggunaan mewah paduan karbon dan cahaya, beratnya hampir 500 kilogram, dan sebagian besar orang yang telah dikuasai itu (masih sampel statistik kecil!) Yang underwhelmed.

1993 CBR900RR Para stuns dunia sportbike. Dirancang oleh Tadao Baba, yang "Fireblade" menggabungkan kekuatan dari sepeda motor kelas terbuka dengan berat dan penanganan dari 600.

1995 Para radikal EXP-2 (dua-stroke 400cc) memenangkan kelasnya dalam rally Granada-Dakar. Sepeda motor adalah bukti-konsep untuk pembakaran lebih bersih dan lebih kuat dua-stroke konsep mesin yang menggunakan "katup" berputar untuk menutup port pembuangan.

2001 Valentino Rossi memenangkan 500cc Kejuaraan Dunia terakhir yang pernah di NSR500 dua-stroke.

2002 Semua perubahan. Atau tidak. Rossi memenangkan Kejuaraan Dunia pertama di era MotoGP 990cc, di RC211V lima silinder empat-stroke. Valentino Rossi memenangkan 500cc Kejuaraan Dunia terakhir yang pernah di NSR500 dua-stroke.

Honda terus berinovasi dan berkembang pesat sampai sekarang.

2 komentar:

  1. lengkap bgt...
    sejarah manusia klo ada mas brow

    BalasHapus
  2. Siapppp masbrow... tunggu tayangan berikutnya :P

    BalasHapus